Prosedur Pengajuan Permohonan Pembukaan Periode PDDIKTI

SHARE

Ajuan pembukaan periode lampau ini ditujukan untuk memperbaiki data pelaporan PDDIKTI baik data pokok maupun data transaksional di luar periode aktif. Ajuan perubahan data tersebut terdiri dari 2 tipe, yaitu tipe insert dan tipe update.

Berikut kami sampaikan Prosedur Usulan Pembukaan Periode Pelaporan PDDikti Lampau yang sudah ditutup atau tidak muncul di Aplikasi PDDikti Feeder :

  • Mengunggah Surat Permohonan Pembukaan Periode yang di dalamnya menyebutkan periode ajuan, nama prodi dan alasan usulan tersebut. Suratnya bisa dibuat kolektif (memuat lebih dari satu periode dan prodi) akan tetapi satu ajuan yang dibuat di laman forlap/pddikti hanya untuk satu periode per prodi jika tipe 1, sedangkan ajuan tipe 2 boleh memuat banyak periode dalam satu usulan.
    Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Login Akun Forlap, pilih menu Pelaporan, Submenu Pengajuan Perbaikan Pelaporan PDDIKTI, kemudian buat usulan dengan memilih prodi dan periode pelaporan yang ingin diajukan. Setelah itu upload surat permohonan tersebut dan klik icon ajukan.

Adapun Berkas Verifikasi yang perlu dikirimkan ke LLDIKTI sebagai bahan validasi sebagai berikut:

  1. Surat Pengantar, Surat Permohonan Pembukaan Periode dan Surat Pernyataan Pimpinan terkait kebenaran data dan informasi;
  2. SK Penerimaan Mahasiswa Baru, Bukti Pembayaran SPP, KTP, KTM, dan Akte Kelahiran/KK jika yang diupload adalah Data Pokok Mahasiswa, ditambah, SK Pengakuan Alih Kredit, Nilai Konversi, dan Print out Riwayat Studi PDDikti dari PT/Prodi sebelumnya untuk mahasiswa yang masuk sebagai pindahan, alih jenjang, lintas jalur, dan RPL (khusus RPL tipe A2 tidak diperlukan Print out PDDikti dari PT sebelumnya);
  3. KRS, Absensi kuliah, KHS/ Transkrip nilai jika yang diupload adalah Data Transaksional;
  4. Absensi mengajar dosen jika yang ingin diupload adalah riwayat mengajar dosen;
  5. Jika hanya untuk sinkronisasi data AKM dan lainnya yang sudah diinputkan di Feeder, Pengelola PDDikti dari LLDIKTI akan terlebih dahulu mengambil datanya agar dapat dijadikan data pembanding sebelum dan setelah perbaikan pelaporan.
  6. Jika untuk mengubah periode pendaftaran, maka usulannya melalui PDM. Namun jika ingin menambahkan history baru dapat dilakukan dengan mengirimkan SK Penerimaan Mahasiswa Baru, ditambah SK Pengakuan Alih Kredit jika status daftar selain Peserta Didik Baru. Dan dimohon memberi penjelasan di keterangan alasan lampiran I surat pengantar dengan mengisi “Menambah/mengedit history pendidikan.”
  7. Apabila ingin menghapus data, isikan menghapus data misalnya, data pokok, history pendidikan, krs, khs, akm, atau dan daftar lulus di keterangan alasan lampiran 1 surat pengantar.

Semua berkas tersebut di scan dan diajukan melalui aplikasi SIGAP, kemudian softscan surat kelengkapan berkas (Surat Pengantar Berkas, Surat Permohonan Pembukaan Periode, Surat Pernyataan Pimpinan PTS) harap dikirim serta ke email persuratan.lldikti9@ristekdikti.go.id  cc: anditenri@ristekdikti.go.id